Going the extra miles: Cinnamon Roll

Cinnamon Roll

Late post.....

Ceritanya, nyobain ini resep pas libur semester 7 kemaren. Karena di kampung ngga ada toko kue yang jual cinnamon roll dengan sangat senang hati akhirnya resep ini di eksekusi. Honestly, belum pernah bikin roti sebelumnya, jadi ya modal nekat aja ~hehe~ namanya juga belajar.

Bahan:

- 5 sendok makan mentega
- 1 sendok teh garam
- 6 sendok makan gula pasir
- 1 butir telur, kocok lepas
- 1 sendok teh parutan kulit jeruk
- 420 gram tepung terigu serba guna (saya pakai Segitiga Biru)
- 1 bungkus fermipan
- 3 sendok makan susu bubuk
- 250 ml air (secukupnya)
- 5 sendok makan gula + 1 sendok makan kayu manis bubuk 

Cara membuat :
1. Campur tepung dan ragi instan dalam mangkuk, aduk rata.
2. Siapkan wadah, masukkan gula, mentega, susu bubuk dan garam, aduk hingga menjadi adonan lembut dan tercampur rata, masukkan kulit  dan telur, kocok hingga smooth (boleh menggunakan mixer biasa).
3. Masukkan tepung dan air bergantian dalam kocokan mentega, campur dengan spatula hingga tercampur dan menjadi bola adonan yang kasar.
4. Uleni dengan tangan hingga adonan menjadi lembut, lentur dan terlihat mengkilap di permukaannya. Jangan terlalu lama, 7 menit plus minus.
5. Bentuk menjadi bola besar, tutup wadah dengan wraping plastic ato kain. Biarkan 1 jam, sampe mengembang 2x nya.
6. Bagi 2 adonan, gilas dengan roller taburi dengan campuran gula dan kayu manis. Gulung, potong dgn ketebalan 1-2 cm. Letakan pada loyang yg telah diolesi mentega.
7. Diamkan 1 jam lagi (sampe mengembang)
8. Oven suhu 170 C selama 30 menit.
9. Happy baking!!

Hasilnya? Rotinya enaak, aroma kayu manis sm kulit jeruknya nyatu. Sukaa. Karna ngga pake bread improver jadi jangan bayangkan ini roti selembut roti roti keluaran brasserie, roti boy, breadtalk, starbuck, dll. Bantet pril? Nggaa lah. Lembut juga, serius. Enak. Layak dimakan. Tapi ya tadi, ngga selembut hati mu~ ehh ngga selembut roti-roti papan atas tadi.





0 komentar:

Posting Komentar

 

Followers

Twitter Updates