Going the extra miles: Panda Chiffon Cheese Cake

Panda Chiffon Cheese Cake



**Latepost

Cantikan ya?
Rasanya? Alhamdulillah enak.

Berawal dari sisa cheese cream yang nanggung, nanggung kalo bikin soft cotton trus karna baru bisa bikin chiffon cake, jadi masih semangat-semangatnya bikin chiffon cake. Resepnya? sama aja kaya yang di posting sebelumnya, pake resep chiffon cake 1/2 resep dan pake resep japanese cheesecake 1/2 resep juga. Bikinya sih aga rempong dikit, tapi yaa terbayarkan dengan rasa enaknya, Untuk topingnya ya terserah mau pake apa aja, kebetulan dirumah lagi ada nutela dan oreo jadi pake 2 itu aja. Ngga pake toping pun enaak!.

Siapkan:
1. Loyang segi empat 20x20 cm
2. Air panas untuk memanggang cheesecake
3. Nyalakan oven, pastikan saat mulai baking oven sudah panas.

Bahan Chiffon Cake

Bahan A
- 3 putih telur
- 1/2 sdt air perasan lemon
- 50 gram gula pasir (saya blender biar halus)
** Mixer putih telur, hingga berbusa (sekitar 60 detik). Masukan gula bubuk kemudian mixer, masukan perasan jeruk lemon lanjutkan mixer sampai terbentuk stiff peaks (kaya mau bikin cheesecake).
Speed mixer : high speed


Bahan B
- 130 gram tepung terigu protein rendah (saya pakai segitiga biru 100gram + 30 gram maizena)

- 100 gram gula bubuk (gula pasir saya blender)
- 1/2 sendok  makan baking powder (saya pakai double acting BP)
- 1/2 sendok teh garam halus
** Campur rata dan ayak

Bahan C
- 3 kuning telur

- 90 ml air + 2 sendok teh pasta pandan instan (saya pakai 90 air pandan + 2 tetes pewarna hijau)
- 60 ml minyak sayur (saya pakai minyak kelapa)
- 1 sendok teh vanilla ekstrak

Cara membuat

1. Siapkan loyang segi 4 
2. Siapkan mangkuk besar, masukan bahan B. Buat bolongan di tengahnya. 
3. Masukan air, minyak dan telur ke tengah-tengah bolongan kemudian mxer dengan kecepatan low speed. Jangan lama-lama, asal tercampur rata. Sisihkan (Adonan dasar)
4. Buat meringue dengan bahan A. PAstikan tempat untuk mengocok putih telur bebas air dan lemak. 
5. Setelah meringue jadi, ambil sekitar 2 sendok besar meringue masukan ke dalam adonan dasar. Campur rata, aduk dengan cara aduk balik atau folding.
6. Masukan sisa meringue ke dalam adonan, perlahan-lahan, dan aduk balik secara konsisten (pelan-pelan saja). PAstikan adonan rata.
7. Masukan adonan ke dalam loyang. Loyang TIDAK perlu di olesi mentega atau dilapisi kertas roti. Pada waktu percobaan pertam gagal gegera pake loyangnya dilapisi kertas, akibatnya adonan lengkat di kertas dan ngga mau ngembang,
8. Panggang dalam oven. Saya pakai oven gas, api bawah dan sedang, sekitar 45-60 menit.
9. Keluarkan loyang dari oven, lalu balik loyang (tengkurap), tujuannya agar sponge cake ngga turun. Diamkan sampai dingin. 


Japanese Cheese Cake


Bahan a
3 putih telur
60 g gula pasir
Mixer sampai putih telur sampai terbentuk stiffpeak. Sampe putih telur menjadi kembang, kaku, mengkilap, kalo wadahnya dibalik putih telurnya ga tumpah. Kira-kira gitu. 

Bahan b
25g tepung maizena
25g tepung terigu 
Aduk, ayak. 

Bahan c
3 kuning telur
1/2 sdt air jeruk nipis

Bahan d
125g krim cheese
60ml susu UHT ato krim kental 
30g butter (bukan mentega)

Campur semua bahan d , lalu lelehkan diatas api sambil di aduk. Jangan sampai mendidih/meletup. Cukup sampai meleleh. Angkat dari api. Masukan bahan b sedikit sedikit, aduk rata dengan spatel. Masukan bahan c kuning telur satu per satu. Aduk lagi dengan spatel.  Ambil 1/3 bagian dari soft peak, masukan kedalam adonan. Aduk rata. Kemudian, masukan adonan kedalam sisa soft peak sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Tuang adonan dalam sponge pandan yang sudah matang. 

Pindahkan air mendidih dalam kukusan kedalam loyang besar, sampai terisi setengahnya. Masukan loyang kecil (loyang berisi brownis dan jcc td) ke dalam loyang besar. Panggang dengan api bawah sampai matang. Kalo pake oven gas ga perlu gunain api atas. Tapi kalo pake oven listrik gunanin api bawah temperatur 250 celcius selama 15 menit, kemudian gunakan api atas bawah temperatur 200 celcius selama 5 menit. 

Gunakan tusuk gigi untuk mengecek kematangan cake. 
Loyang boleh gunakan loyang bundar diameter 18cm ato loyang persegi 20x20cm

** Hiasi dengan toping sesuka selera.




0 komentar:

Posting Komentar

 

Followers

Twitter Updates