Going the extra miles: Puding Ubi Ungu

Puding Ubi Ungu

Dessert Anti Gagal

Dulu, sebelum negara api menyerang (halah) ada teman yang nanya "pril, dessert apa yang bisa langsung jadi tanpa gagal?". Terus dengan percaya dirinya saya jawab "BELI".

Sekarang setelah dipikir-pikir bikin dessert yang anti gagal ternyata ada. Bikin puding, ngga ada yang pernah gagal kan?  hahaha.  Segagal-gagalnya bikin puding paling pudingnya jadi terlalu keras, terlalu ngga mau beku, kurang manis, kemanisan, itupuun bisa olah lagi. Kalo terlalu keras tinggal panasin, tambah air ato susu. Ngga mau beku? tinggal tambah agar ato jeli nya. Kurang manis? makannya sambil liat saya :"

Puding Ubi Ungu
1. 200 gram ubi ungu yang telah direbus (blender hingga halus, tambahkan 250 ml susu. Saya pakai susu Ultra)
2. 750 ml susu ultra
3. Gula sesuka selera (saya tambahkan setengah gelas)
4. 1/2 bungkus agar-agar 
5. 2 sendok makan tepung maizena

**
1. Larutkan tepung maizena dan agar-agar dalam susu, aduk-aduk. Gunakan api sedang.
2. Masukkan gula.
3. Masukkan ubi dan terus aduk sampai mendidih.
4. Dinginkan sebentar, lalu masukkan dalam cetakan puding dan biarkan mengeras. 

Paling suka bikin puding, gampang dan ngga ribet. hihi. Dan taraaaang, inilah hasilnya :"


Suka sekali dengan warna ungu nya. Warna ungu pada ubi nya karena mengandung antosianidin yang tinggi. Selain itu, ubi ungu kaya kan vitamin A, mineral seperti (Zn, K, Mg, Cu), lisin, vitamin C, vitamin B1, lemak, serat, dan tentunya kaya akan karbohidrat. Karena kandungan karbohidratnya yang tinggi, saya gunakan gulanya sedikit saja. Biar semua orang dirumah  bisa makan pudingnya, dan juga Ayah ngga terlalu suka rasa makanan yang terlalu manis. 

Menurut Ferlina (2010), antosianin ubi ungu juga memiliki fungsi sebagai antioksidan, antikanker, antibakteri, hepatoprotektor, mencegah penyakit jantung dan stroke. Ubi ungu bisa menjadi anti kanker karena didalamnya terdapat selenium dan iodin yang aktivitasnya dua puluh kali lebih tinggi dari jenis ubi yang lainnya. Apakah setelah menjadi puding, kandungan ubi ungu masih memiliki aktivitas tersebut jawabannnya tidak tau pasti. Antosianin merupakan salah satu antioksidan, dan sepengetahuan saya yang dangkal ini kebanyakan antioksidan rentan terhadap pemanasan dan cahaya. 

Balik lagi ke pudingnya, tekstur pudingnya padat tapi ngga keras-keras amat. Selamat mencoba!


0 komentar:

Posting Komentar

 

Followers

Twitter Updates