Going the extra miles: Soft Cotton Cake / Japanese Cheese Cake

Soft Cotton Cake / Japanese Cheese Cake




Siapkan:
1. air mendidih
2. loyang diameter 18 cm atau 20 cm, lapisi kertas roti dan olesi loyang dan kertas roti dengan butter.
3. loyang bundar yang  lebih besar dari ukuran loyang pertama
*waktu memasak plus minus 90 menit

Bahan a
6 putih telur
120 g gula pasir
2 sdm air jeruk nipis

Bahan b
50g tepung maizena
50g tepung terigu 
Aduk, ayak. 

Bahan c
6 kuning telur
1/2 sdm air jeruk nipis

Bahan d
250g krim cheese
120ml susu UHT ato krim kental 
60g butter (bukan mentega)

Sebelum baking dimulai, pertama nyalakan oven dan siapkan air mendidih. Here we go!
1. Campur semua bahan d, lalu lelehkan diatas api  kompor (kecil saja) sambil di aduk. Jangan sampai mendidih/meletup. Cukup sampai meleleh. Angkat dari kompor lalu dinginkan sebentar,
2.  Masukan bahan b sedikit sedikit, aduk rata dengan spatula sampai rata. 
3.  Masukan bahan c kuning telur satu per satu. Aduk lagi dengan spatel sampai rata. Sisihkan.
4. Mix  putih telur dan 120 g gula  (high speed) sampai berbusa kemudian masukan air jeruk nipis. Mix terus sampai terbentuk stiff peaks (ketika alat pengocok diangkat maka kocokan tampak membentuk puncak yang kaku, tidak terkulai sama sekali). Putih telur menjadi kembang, kaku, mengkilap, kaya es krim, kalo wadahnya dibalik adonan putih telurnya ga tumpah.  Kira-kira gitu. 
5. Ambil 1/3 bagian dari stiff peak, masukan kedalam adonan yang tadi disisihkan. Aduk dengan teknik aduk balik (folding) sampai rata.  Kemudian, masukan adonan kedalam sisa soft peak sedikit demi sedikit sambil diaduk balik. Tuang adonan dalam loyang yang telah di olesi butter. 
6. Masukan air mendidih kedalam loyang besar, sampai terisi 1/3 loyang. Masukan loyang kecil (loyang berisi  adonan tadi) ke dalam loyang besar. Panggang dengan api bawah sampai matang. Kalo pake oven gas ga perlu gunain api atas. Tapi kalo pake oven listrik gunanin api bawah temperatur 200 celcius selama 70 menit (kecepatan matang cake tergantung oven masing-masing, kadang lebih cepat kadang lebih lambat). Tusuk cake dengan tusuk gigi untuk melihat kematangan cake. Apabila tidak ada adonan yang menempel berarti cake telah matang. Kemudian gunakan api atas bawah temperatur 150 celcius selama 5 menit (hanya untuk membuat garing bagian atas cake). Step ini boleh di skip. 

Happy baking!! 



0 komentar:

Posting Komentar

 

Followers

Twitter Updates